English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sunday, June 12, 2016

Menuangkan Isi Otak Kanan

Sebagai manusia yang punya otak harusnya dapat menggunakannya dengan hal yang baik. Orang yang punya otak pun harus mengetahui otak mana yang ia sering pakai atau otak mana yang berperan penting dalam setiap kegiatan hidupnya. Kita kerucutkan lagi pada bagian otak, kita akan bahas otak kanan dan otak kiri namun cenderung pada otak kanan. Saya sendiri selaku penulis cendrung menggunakan otak bagian kanan. Mengapa? dan apa saja penyebab menggunkan otak kanan?


  • Otak Kanan
Menurut artikel yang saya baca penggunaan otak kanan dapat di lihat dari kemapuan intuitif seni kreativitas, kemampuan berkomunikasi dengan sesama/sosialisasi, mengendalikan emosi, dan juga pusat kecerdasan daya imajinatif serta kreativitas, kemampuan berfikir yang tidak begitu terstruktur, berupa long term memory (memory jangka panjang).  Kemampuan visual dan emosi akan terganggun jika otak kanan bermasalah. Hal tersebut sebagai indikasi kita dalam menggunakan otak kanan walau tidak semua terdapat dalam diri kita dan saya selaku penulis cenderung menggunakan otak kanan.

  • Otak Kiri
Otak kiri merupakan otak yang secara anatomi terletak pada belahan kiri yang berfungsi dan bertanggung jawab dalam kecerdasan Intelegensi (intelligence quotient (IQ)), berpikir secara sistematis terstruktur, berpikir secara nalar, rasio dna logika, kemampuan bahasa secara verbal, berpikir analitik sesuai dengan prosedur dan juga semua aktivitasnya berupa short term memory (memory jangka pendek)oleh karena itu fungsi matematika, berbicara dan bahasa akan terganggun jika otak kiri bermasalah.

Gambar dibawah ini adalah hasil dari pekerjaan otak kanan saya. Disebut sebagai gambar manipulasi digital menggunakan software Photoshop CS6 Exstend. Dengan terbuatnya gambar ini otak kanan saya telah bekerja dengan baik. Sebenarnya masih banyak gambar-gambar yang lainnya, tapi kita bahas satu-satu.

Bagi yang mau melatih otak kanan bisa menggunakan file ini sebagai bahan belajar :)


0 komentar:

Post a Comment