English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Tuesday, October 29, 2013

Cara Ampuh Mengatasi Imsomnia atau Susah Tidur

Cara Ampuh Mengatasi Imsomnia atau Susah Tidur - Susah Tidur / Insomnia merupakan suatu gejala penyakit kelainan sulit tidur yang terjadi secara berulang, walaupun ada celah kesemp]atan untuk tidur tapi tetap saja kesulitan untuk tidur.



Penyebab Susah Tidur / Insomnia

Susah Tidur / insomnia bisa disebabkan oleh suatu gejala kelainan fisik yang tidak mendukung tubuh untuk instrahat dan biasanya ganguan emosional seperti kecemasan, perasaan gelisah, depresi hingga karena ketakutan.

Menurut pakar ahli kesehatan juga menjelaskan bahwa susah tidur / insomnia juga bisa dipengaruhi oleh situasi lingkungan, terlalu sering begadanag, sering konsumsi minuman beralkohol berlebih, efek dari konsumsi obat-obatan tertentu hingga bisa disebabkan oleh penyakit yang diidap sehingga tubuh tidak mampu untuk beristirahat.

Cara Mengatasinnya:


1. Perhatikan kebersihan, seperti cuci muka, cuci kaki dan kebersihan bagian tubuh yang lain. Hal ini akan membuat kita merasa nyaman sehingga dapat tidur nyenyak

2. Usahakan menetapkan waktu tidur dan bangun. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, juga di hari libur. Biasakan menepati jadwal itu, agar pola tidur Anda normal kembali. Hindari tidur siang.

3. Agar fisik Anda lebih lelah, cobalah melakukan olah raga di siang atau sore hari. Hal ini dapat memudahkan istirahat/tidur.

4. Hentikan kebiasaan minum kopi, teh, cola dan minuman lain yang mengandung kafein, terutama di sore dan malam hari saat akan tidur.

5. Hindari mengkonsumsi alkohol berlebihan. Pada awalnya, alkohol memang membuat mengantuk, tapi nanti Anda akan terbangun di tengah malam dan sulit tidur kembali.

6. Minumlah minuman yang hangat pada saat jam menjelang tidur.

7. Hindari makan terlalu kenyang atau terlalu sedikit, karena itu akan membuat perut merespon secara tidak normal.

8. Bila Anda bekerja di sore hari, berhentilah setidaknya satu jam sebelum jam tidur Anda.

9. Pastikan membuat tempat tidur Anda nyaman dan ventilasi kamar tidur baik.

10. Saat Anda akan pergi tidur, cobalah mengatur cahaya lampu kamar tidur menjadi remang-remang. Hal ini akan merangsang otak memproduksi melatonin, yang membimbing mata untuk terpejam.

11. Meski Anda sering mengalami susah tidur saat malam hari namun jangan menggunakan obat tidur, apalagi jika tanpa anjuran dokter. Jika ini dilakukan, justru insomnia akan tetap resistan. Pemakaian obat tidur seringkali hanya sebagai pereda sementara, sehingga jika habis waktu berlakunya maka akan kembali insomnia.

0 komentar:

Post a Comment