English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Monday, October 7, 2013

Cara Kerja Kartu Kredit Sebagai Sistem Pembayaran Online

Nama: Said/Si 3
Nim: 135610096
Jurusan: Si, 3
Tugas: 2

Kartu Kredit atau bahasa bulenya di sebut dengan istilah Credit Card merupakan sistem pembayaran modern yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. sekarang banyak sekali vendor, toko, bahkan rumah makan atau restoran yang menerima sistem pembayaran melalui kartu kredit. Nah, Dunia transaksi online ternyata tidak luput juga dari jangkauan si kartu kredit ini. Beberapa situs belanja online seperti ebay, amazon, dlsb menerima pembayaran lewat kartu kredit.
Tentu saja cara pembayarannya tidak melalui sistem gesek seperti layaknya belanja menggunakan kartu kredit secara konvensional, tapi dengan memasukan digit angka kartu kredit anda. lalu bagaimana sih cara kerja pembayaran online lewat kartu kredit ini..?? ternyata sistem pembayarannya tidak jauh beda dengan sistem pembayaran dengan kartu kredit di dunia nyata. penasaran..?? artikel eridesktop.com kali ini akan menjelaskan cara kerja pembayaran kartu kredit pada transaksi online.


Merchant Account
Merchant account berbeda dengan Bank Account (akun/rekening bank) Jika akun Bank biasa digunakan untuk menerima pembayaran via transfer maka Merchant account merupakan akun spesesial yang berfungsi untuk menerima pembayaran melalui credit card.
Jika Toko online Anda menerima pembayaran via Kartu kredit maka Anda harus Membuka Merchant Account. Ketika Anda membuak Merchant Account maka Anda harus menandatangani kontrak kerjasama dengan provider kartu kredit yang bersangkutan. Pembelian melalui kartu kredit akan di transfer ke saldo Merchant Account Anda nah baru dari Merchant account ini Anda bisa mentransfer saldo ke rekening Bank Anda.

Payment Gateway
Adalah “jembatan” antara kartu kredit dengan toko online Anda. Payment gateway berfungsi sebagai perantara informasi transaksi antara jaringan kartu kredit dengan toko online Anda. payment gateway menyampaikan informasi transaksi ke jaringan kartu kredit, jaringan kartu kredit melakukan prosesing terhadap input kartu kredit yang dimasukan valid atau tidak, untuk kemudian memberikan kembali informasi kepada toko online Anda sehingga Anda bisa melakukan proses selanjutnya.

Proses pembayaran online melalui kartu kredit
Diagram dibawah ini akan sedikit menjelaskan bagaimana alur pembayaran online menggunakan kartu kredit. Anda tidak perlu mengetahuinya secara mendetail cukup gambaran besarnya saja.


  1. Pelanggan berbelanja barang pada toko online Anda dan mengklik tombol checkout pada shoping cart ini artinya pelanggan benar-benar akan membeli barang tersebut. Selanjutnya Pelanggan memilih sistem pembayaran kartu kredit, lalu memasukan nomor kartu kreditnya dan mengklik tombol Pay.
  2. Toko online akan mengirimkan informasi ini beserta nilai total tagihan yang harus dibayar ke Payment Gateway.
  3. Payment gateway akan memproses informasi yang dimasukan kemudian mengirimkannya ke Merchant Bank Processor (bank tempat merchant account dibuat).
  4. Bank lalu mengirim informasi ini ke jaringan kartu kredit seperti Visa, MasterCard dlsb.
  5. Jaringan Kartu kredit seperti Visa, MasterCard dlsb lalu memproses dan memvalidasi kartu kredit yang pelanggan. Hasil proses tersebut akan dikirim pada pihak Bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut.
  6. Bank yang menerbitkan kartu kredit akan memproses permintaan tersebut, kemudian menolak atau menerima permintaan dari konsumen dan diteruskan kepada jaringan kartu kredit.
  7. Informasi proses transaksi di kembalikan melalui rute yang sama hingga akhirnya informasi transaksi sampai pada toko online Anda dengan kode spesial. Semua ini dilakukan secara otomatis dan berlangsung dalam hitungan detik. Anda sebagai merchant tidak perlu pusing memikirkan proses transaksi ini, yang perlu Anda tahu hanya hasil proses transaksi tersebut diterima atau ditolak oleh pihak Bank.
  8. Jika proses transaksi diterima maka jaringan kartu kredit akan mentransfer dana ke akun merchant Anda (a). Dari akun merchant Anda bisa mencairkan dana tersebut ke rekening bank Anda (b).

0 komentar:

Post a Comment