English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Wednesday, November 6, 2013

Komputasi Jaringan


A. Komputasi Jaringan
Aplikasi internet komersial berkembang melalui empat fase utama: presence
(kemunculannya), e-commerce(perdagangan elektronik), collaboration (kerjasama), dan
integration (integrasi)

Kategori Aplikasi Internet:
· Discovery. Discovery melibatkan browsing dan perolehan kembali informasi dan
menyediakan kemampuan nasabah untuk melihat informasi pada database, mendownload-
nya, dan memprosesnya.
· Communication. Internet menyediakan jalur komunikasi cepat dan murah mulai dari
pesan yang dikirim pada papan buletin online hingga pertukaran informasi yang komplek
dari banyak organisasi.
· Collaboration. Sehubungan untuk peningkatan komunikasi, kolaborasi elektronik
diantara individu dan/atau group dan kolaborasi antara organisasi meningkat dengan
cepat.
Infrastruktur Komputasi Jaringan
· Intranet: intranet adalah jaringan yang dibuat untuk melayani informasi internal yang
dibutuhkan perusahan, menggunakan konsep dan peralatan internet. Intranet
menyediakan kemampuan browsing dan pencarian lebih mudah dan murah.
· Extranet : Ekstranet menghubungkan intranet dari organisasi yang berbeda dan
mengijinkan komunikasi secara aman antara mitra bisnis melalui Internet .

B. Discovery
· Internet mengijinkan user untuk mengakses informasi yang berada di dalam seluruh
database di dunia. Kemampuan discovery dapat memfasilitasi pendidikan, pemerintahan,
services, hiburan dan perdagangan.
· Discovery dapat dijalankan dengan browsing dan pencarian sumberdaya data di web.
Masalah utama dari discovery adalah informasi yang tersedia sangat besar. The solution
is to use different types of search and other software agents.
· Software agent : program komputer yang carry out a set of routine computer tasks on
behalf of the user and in so doing employ some sort of knowledge of the user’s goals.
Dua jenis fasilitas pencarian yang terdapat di Web:
· Search engine: Program komputer yang dapat menghubungi sumberdaya jaringan lain di
internet, mencari informasi yang spesifik sesuai dengan kata kunci (keyword), dan
melaporkan hasilnya, contoh: Google.
· Softbots: Software robots yang menjalankan tugas rutin( misalnya merawat Search
Engine) untuk manfaat pemakainya.
· Directory: Kumpulan link webpages yang terkumpul secara hirarki, disusun secara
manual; contoh : Yahoo.
Peralatan tambahan untuk menyaring pencarian di Internet:
· Metasearch Engine: Program komputer yang mencari beberapa mesin sekaligus dan
menggabungkan pencarian dari bermacam-macam search engine untuk menjawab query
yang dikirimkan oleh user.
· Intelligent agent: Software agents yang cerdas dan mampu belajar.
Tipe utama dari agen:
· Web-Browsing-Assisting Agent: Dikenal sebagai pemandu jalan, bekerja saat user
melakukan browsing.
· Frequently Asked Question (FAQ) Agents: Pemandu untuk menjawab terhadap
pertanyaan yang sering diajukan.
· Intelligent Indexing Agents. Dapat menyelesaikan satu pencarian mandiri besar-besaran
dari web atas nama satu pengguna atau lebih, dari satu mesin pencari.
Portals
· Portal: Pintu gerbang pribadi yang berbasis web untuk informasi dan Pengetahuan yang
menyediakan informasi dari sistem IT dan Internet yang berbeda, menggunakan
pencarian tingkat lanjut dan teknik indexing.
· Commercial (Public) Portal: Website yang menyajikan konten rutin secara merata untuk
pengunjung yang berbeda; menyajikan customization hanya pada tampilan user.
· Publishing Portal: Website dirancang untuk komunitas dengan tujuan tertentu;
menyajikan content dengan sedikit customization, tetapi menyediakan pencarian online
yang luas dan beberapa kemampuan interaktif.
· Personal Portal: Website yang ditujukan guna informasi yang tersaring secara spesifik
untuk perorangan; menyajikan content yang sempit dan biasanya dikhususkan untuk
suatu pengunjung.
· Affinity Portal: Website yang menyajikan satu poin masukan ke semua komunitas
dengan daya tarik gabungan.
· Mobile Portal. Website yang dapat diakses melalui alat bergerak (hp,PDA,dll).
· Voice Portal. Website dengan interface audio, memungkinkan akses dengan cara biasa
atau dengan telephone selular; menggunakan teknologi speech recognition dan text-to
speech.
· Corporate Portal. Website yang menyediakan satu point akses ke informasi bisnis yang
sangat penting yang berada didalam dan diluar organisasi.

C. Communication
· Waktu dan tempat dapat dibuat untuk menggolongkan Teknologi IT pendukung
komunikasi dan kolaborasi (same time/same place; same time/different place; different
time/same place; Different time/different place)
· Asynchronous Communication. Komunikasi yang mana pesan terkirim pada saat tertentu
tetapi diterima beberapa saat kemudian. (contoh: e-mail)
· Synchronous (real- time) Communication . Komunikasi yang mana pesan dikirim pada
saat tertentu dan diterima seketika (contoh telephone, instant messaging online)
Web-based Call Centers (customer care center)
· Terdapat empat kategori berdasarkan kemampuan yang dapat dijalankan oleh web- based
call centres: e-mail, interactive text chat, call backs, dan simultaneous voice dan web
sessions.
Electronic Chat Rooms
Chatting elektronik : dimana partisipan bertukar pesan percakapan secara langsung (real
time)
Chat room : Tempat pertemuan virtual dimana kelompok biasa mengobrol secara
elektronik.
Dua jenis program chat saat ini (a) web- based chat programs, yang mana mengijinkan
anda untuk mengirim pesan ke internet menggunakan web browser dan mengunjungi situs
web chat (contoh, chat.yahoo.com), dan (b) e-mail-based (teks saja) program disebut
dengan Internet Relay Chat (IRC). Bisnis dapat menggunakan IRC untuk berinteraksi
dengan pelanggan.
Voice Communication
Voice communication dapat dilakukan melalui internet menggunakan microphone dan
sound card.
Internet telephony (voice Over IP). Penggunaan internet sebagai media transmisi untuk
panggilan telepon.
Weblogging (Blogging)
Weblog (blog) adalah website pribadi, terbuka untuk public, yang mana pemiliknya dapat
mengekspresikan perasaan atau pendapatnya di dalam weblog itu.

D. Collaboration
Collaboration. Hubungan timbal balik oleh dua atau lebih individu yang menjalankan
aktifitas agar dapat melaksanakan satu tugas khusus.
Work group. Dua atau lebih individu yang bekerja bersama untuk menjalankan beberapa
tugas.
Virtual group (team). workgroup yang mana anggotanya berada pada lokasi yang berbeda
dan bertemu secara elektronik.
Smart mobs: a coordinated group of people menggunakan teknologi seperti mobile phones
dan the Internet untuk mengorganisasi dan kemudian beraksi secara serempak.
Virtual Collaboration
Virtual collaboration. Penggunaan teknologi digital yang memungkinkan organisasi atau
individual untuk kolaborasi rencana, desain, pengembangan, pengaturan, layanan
penelitian produk dan IT yang inovatif dan aplikasi EC.
Collaborative commerce. Kolaborasi diantara mitra bisnis.
Beberapa jenis dan contoh virtual collaboration
Collaboration Networks: Collaboration took place among supply chain members,
frequently those that were close to each other (e.g., a manufacturer and its distributor, or a
distributor and a retailer)
Collaboration-Enabling tools
Workflow. perpindahan Informasi atau urutan jalan/alur/tahap kerja organisasi.
Workflow management . Otomatisasi workflows, sehingga documents, information,atau
tugas diselesaikan dari satu partisipan ke partisipan melalui semua tahap dalam proses
bisnis.
Workflow Systems Business process: Alat Otomatisasi yang menempatkan system
controls di tangan user departments.
Groupware
Software yang mendukung kelompok orang yang berkolaborasi dalam tugas atau tujuan
umum dan menyediakan jalan untuk kelompok tersebut berbagi sumberdaya.
Video teleconference: Pertemuan virtual yang mana partisipan dalam satu lokasi dapat
melihat dan mendengar partisipan di lain tempat dan berbagi data grafis secara elektronik.
Data conferencing: Pertemuan Virtual yang mana data, graphics, dan files komputer
dikirim secara elektronik;
Web conferencing: video teleconferencing yang menggunakan Internet (tidak melalui
telephone line).
Screen Sharing Software: Software yang memungkinkan anggota kelompok untuk
bekerja pada dokumen yang sama, yang ditunjukkan pada layar komputer yang dimiliki
partisipan.
Groupware Suites: Teknologi Groupware biasanya tergabung dengan computer-based
technologies lain (beberapa produk yang tergabung dalam satu sistem).
Pendekatan yang berbeda dan Teknologi untuk mendukung group pada internet:
Virtual meeting. Pertemuan dimana anggotanya berada pada lokasi yang berbeda,
Biasanya pada negara yang berbeda.
Teleconferencing. Penggunaan komunikasi elektronik yang mengijinkan dua atau lebih
orang pada tempat yang berbeda untuk dapat melakukan konferensi bersama-sama.
Real Time Collaboration Tools
Real- time collaboration (RTC). Peralatan yang membantu perusahaan menjembatani
waktu dan jarak untuk membuat keputusan dan untuk kolaborasi dalam suatu proyek.
Peralatan RTC mendukung komunikasi yang singkron dari informasi berbasis grafis
dan teks, dan aplikasi penjualan.
Whiteboard (electronic). Area pada layar komputer yang mana multiple users dapat
menulis atau menggambar; multiple users dapat menggunakan satu document
“ditempelkan” pada layar.

E. E-Learning, Distance Learning dan Telecommuting
E-learning. Belajar didukung dengan Web; dapat dijalankan didalam kelas tradisional
atau pada kelas virtual.
Distance learning (DL). Situasi belajar yang mana guru dan siswa tidak bertemu
langsung face-to-face.
Kelebihan E-Learning
Belajar mandiri dan swakarsa akan tampak untuk peningkatan kemampuan pribadi.
Material online menyajikan kesempatan untuk menyampaikan kontek terbaru, kualitas
tinggi dan selaras.
Siswa memiliki fleksibilitas dalam belajar dari tempat manapun dan kapanpun sesuai
kemampuannya.
Waktu belajar pada umumnya lebih pendek, dan banyak orang dapat dilatih dengan
waktu latihan yang lebih cepat.
Biaya pelatihan dapat di perkecil.
Kelemahan E-Learning
Instruktur mungkin membutuhkan pelatihan untuk dapat mengajar secara elektronik.
Pembelian alat multimedia tambahan yang mungkin dibutuhkanThe purchase of
additional multimedia equipment may be necessary.
Siswa harus menguasai komputer dan tidak berinteraksi secara langsung dengan
instruktur.
Terdapat persoalan berkaitan dengan evaluasi kerja siswa, karena instruktur benarbenar
tidak tahu siapa yang telah menyelesaikan tugas.
Virtual Universities
Universities Online yang mana siswa mengambil kelas dari rumah atau dari lokasi
yang berlainan, yaitu melalui Internet.
Virtual Work & Telecommuting
Virtual Work Environment: Lingkungan kerja yang mana tim kerja secara geografis
tersebar dan kadang-kadang tim antar organisasi.
Telecommuting: Kegiatan dimana karyawan bekerja dari rumah, di rumah pelanggan,
di tempat khusus, atau sambil melakukan perjalanan, biasanya menggunakan komputer
yang tersambung ke tempat pekerjaan.

sumber: masbudiyono.files.wordpress.com/2009/03/04-komputasi-jaringan.pdf‎

0 komentar:

Post a Comment